Komisi IV DPRD Solo Nilai Rusa di Sriwedari Masih Sehat Tapi Perlu Pengawasan Ketat

SOLO, INFODESANEWS | Komisi IV DPRD Kota Surakarta melakukan sidak terhadap rusa-rusa yang ada di Taman Sriwedari, Jumat (24/2). Kedatangan Komisi IV dengan didampingi Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Solo, Aryo Widyandoko, serta Kepala UPT Kawasan Wisata Taman Balekambang, Sumeh.

Sidak Komisi IV tersebut dilakukan karena mendengar ada warga yang bilang ke kami bahwasanya kondisi kijang atau rusa di Taman Sriwedari tidak sehat, kurus dan cenderung tidak terawat. 

Ketua Komisi IV DPRD Solo, Janjang Sumaryana Aji mengatakan dari hasil sidaknya, kondisi rusa-rusa tersebut sehat dan baik-baik saja. “Saat ini saya lihat hewan ini sehat-sehat semua, gemuk. Jadi tidak ada yang kurus, kalau kurus kan tulang iganya kelihatan. Ini sehat, meskipun ada musik di sini. Saya tanyakan kepada Kepala Dinas dan Kabid katanya rusanya malah senang,” ucapnya.

Meski demikian pihak Komisi IV DPRD Solo tetap menyarankan adanya pengawasan dan pemeliharaan pada rusa-rusa tersebut termasuk dari segi makanan. Pihakny berharap agar pengawasan rusa diperketat. “Kami kawatir ada pengunjung yang iseng ngasih makanan yang tidak baik, sehingga nanti akhirnya berakibat fatal,” ujarnya.

Sementara itu Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Solo, Aryo membenarkan bahwa kondisi satwa rusa saat ini baik-baik saja dan tidak ada masalah apa pun. “Kami dapat anggaran dari Komisi IV untuk pengadaan pakan. Itu, kami lakukan tiap hari, sehari tiga kali,” katanya.

Soal rusa yang memakan sampah plastik, Aryo menjanjikan akan lebih sering membersihkan tempat sampah di Taman Sriwedari tersebut. (*/hendra/Red Slo)