MIRIS, Puluhan Ekor Rusa di Sriwedari Kondisinya Memprihatinkan

SOLO, INFODESANEWS | Pembina Forum Komunitas Sriwedari, Dr. BRM Kusumo Putro, SH, MH mengaku prihatin terhadap kondisi puluhan ekor rusa di Taman Sriwedari Solo. Bahkan hewan tersebut nampak terlihat kurus dan cenderung kurang terawat. “Ini sungguh memprihatinkan, karena rusa tersebut saat ini hanya makan bekas makanan yang ditinggalkan para pengunjung di Sriwedari,” ujarnya, Selasa (21/2).

Rusa di Kawasan Taman Sriwedari terlihat makan bekas makanan yang ditinggalkan pengunjung (foto: dok)

Kusumo mengatakan jika tidak segera mendapat perhatian dikhawatirkan rusa tersebut sakit dan akhirnya bisa mati. Ditambah lagi rumput-rumput yang ada mulai habis dimakan setiap hari. Oleh karena itu, ia berharap,  Pemkot Solo segera mengalokasikan anggaran makan hewan itu. ” Ya sekiranya tidak mampu merawat 27 ekor rusa hendaknya ditempatkan di taman satwa, Solo Safari,” tambahnya.

Dijelaskan tiap ekor kijang membutuhkan asupan makanan 2 hingga 3 kilogram untuk tiap kali makan. Karena kebutuhannya, dua kali makan tiap hari. Jika ditotal kebutuhan makan hewan tersebut bisa mencapai 108 kilogram dalam sehari. 

Sementara itu, Kepala UPT Kawasan Wisata Dinas Pariwisata Kota Solo, Sumeh mengatakan bahwa keberadaan rusa rusa tersebut sudah dirawat dengan memberi makan 3 kali secara rutin. Jika rusa tersebut memakan makanan sisa pengunjung ia mengatakan hal yang wajar. (*/Agung S/Red Solo)