Tak Kunjung Diperbaiki Akhirnya Jembatan Way Huwi Telan Korban

INFODESA, NASIONAL118 Dilihat

LAMPUNG SELATAN, INFODESANEWS — Jembatan Sungai Way Huwi yang menghubung dua Kabupaten yakni Kabupaten Lampung Selatan dan Lampung Timur ambrol, Sabtu (18/2/2023) sekitar pukul pukul 10.00 wib.

Ambrolnya jembatan tersebut menyebabkan terputusnya akses dua desa di dua kabupaten, yakni Desa Purwotani Kecamatan Jatiagung dan Desa Sindang Anom Kecamatan Marga Sekampung Lampung Timur,

Berdasarkan informasi yang didapat infodesanews.com, Putusnya jembatan sepanjang 12×5 meter yang dibangun pada tahun 1971 oleh pihak perusahaan PT Mit Segora akibat kondisi tiang penyangga dan sayap jembatan yang sudah tak layak sejak tahun 2021 lalu.

“Sekitar pukul 10 pagi tadi kejadiannya Mas. Beruntung tidak ada korban jiwa, karena pada saat kejadian ada kendaraan melintas tiba-tiba jembatan ambrol.”kata kepala Desa Purwotani Kecamatan Jatiagung, Sutrisno pada infodesanews.com, Sabtu (18/2/2023)

Akibat peristiwa tersebut, Sutrisno berharap kepada pemerintah daerah maupun provinsi agar segera memperbaiki Jembatan.

Putusnya jembatan yang menjadi akses satu-satunya warga dari dua Desa dua Kabupaten itu tidak bisa dilintasi kendaraan roda empat maupun dua. Bahkan, warga yang berjalan kaki pun harus memutar arah hingga beberapa kilometer.

“Ya tidak bisa melintas, karena jembatannya cukup panjang dan airnya juga deras. Jadi para pejalan kaki juga harus memuter arah nyari jalan alternatif,” katanya

Selain itu, akibat putusnya jembatan Way Huwi, perkonomian warga menjadi terhambat. “Di sini kebanyakan warganya yang berjualan dan petani juga. Kalau putus begini mau gimana, kita tidak bisa ikhtiar,”imbuhnya.

Sementara itu Staf UPT PU-PR Kecamatan Jatiagung, Bani mengatakan, pihaknya akan segera berkoordinasi dengan pihak PU-PR Kabupaten maupun BPBD. Untuk memperlancar roda perekonomian warga.

“Untuk mempermudah warga yang ingin melintas baik dari Kabupaten Lampung Selatan maupun Kabupaten Lampung Timur. Saya usulkan agar pemerintah membuat jembatan sementara dulu untuk pejalan kaki dan sepeda motor agar perekonomian masyarakat tidak lumpuh.”kata dia. (Red)

sebelumnya kami beritakan dengan judul

https://blora.bromohosting.com/selama-51-tahun-jembatan-sungai-way-huwi-belum-tersentuh-perbaikan/