Dua Kubu Bertemu di Sasana Narendra, Gusti Wandansari Sungkem Pada Sinuhun PB XIII

NASIONAL, PERISTIWA232 Dilihat

SOLO, INFODESANEWS | Pertemuan antara kubu Sinuhun (Paku Buwono XIII dan Lembaga Dewan Adat (LDA) terjadi pada Selasa malam (tadi malam-red), 3 Januari 2023. Pertemuan antara adik PB XIII Gusti Kanjeng Ratu (GKR) Wandansari Koes Moertiyah atau sering disapa Gusti Moeng dengan Raja keraton Sri Susuhunan Paku Buwono (PB) XIII di kediaman Raja tersebut terjadi di Sasana Narendra.

Dalam pertemuan, Gusti Moeng ditemani cucu dari Pahlawan Nasional Raden Panji Soeroso yang juga kerabat Keraton Surakarta, KRAY Herniatie Sriana Munasari. Sedangkan dari pihak Raja, PB XIII didampingi Sang Ratu, GKR Paku Buwono dan Putra Mahkota Gusti Raden Mas (GRM) Suryo Aryo Mustiko atau Kanjeng Gusti Pangeran Haryo (KGPH) Purboyo.

“Saya bersama Kanjeng Gusti Ayu Herny bertemu dengan PB XIII didampingi Prameswari Dalem Gusti Kanjeng Ratu (GKR) Paku Buwono. Kami melakukan pertemuan sekitar satu jam,” urainya.

Gusti Moeng mengakui pertemuan terjadi dengan penuh rasa haru. Bahkan Sinuhun sempat menitikkan air mata dalam pertemuan tersebut. “Sinuhun nangis tak elus-elus saja. Saya sampaikan ‘Mas tidak usah berprasangka buruk sama saya’,” ujarnya.

Dia mengatakan telah meminta maaf dan sungkem pada Raja. Dalam kesempatan yang sama, Gusti Moeng juga minta izin bisa kembali masuk ke dalam Keraton Surakarta untuk bekerja.

Tidak hanya meminta maaf, Gusti Moeng juga mengajak pihak Raja PB XIII untuk tidak membahas kembali masalah yang telah terjadi. (*/red slo)