Danrem 043/Gatam Brigjen TNI Ruslan Efendi Serahkan Kunci Rumah Layak Huni

INFODESA132 Dilihat

LAMPUNG SELATAN, INFODESANEWS –Komandan Resor Militer (Danrem) 043/Gatam Brigjen TNI Ruslan Efendi didampinginya Dandim 0421/LS Letkol Inf Fajar Akhirudin,  menyerahkan kunci rumah layak huni kepada Bunek (61) warga Dusun Sukajadi Desa Bandar Dalam Kecamatan Sidomulyo Lampung Selatan, Kamis (29/12/2022)

Dalam kesempatan tersebut turut hadir Bupati Lampung Selatan H Nanang Ermanto dalam hal ini yang diwakili Sekdakab Lampung Selatan, Thamrin, Wakil Ketua I DPRD Lampung Selatan, Agus Sartono, Kapolres Lampung Selatan AKBP Edwin, Camat Sidomulyo Erman Suheri,Danramil 421-07/Sdm Kapten Inf Imronata dan Kapolsek Sidomulyo, Iptu Ilham serta para tamu undangan.

Diketahui pembangunan Bedah Rumah Tidak Layak Huni yang dilakukan Kodim 0421/Ls itu tidak hanya dilakukan di Kecamatan Sidomulyo Lampung Selatan saja.

Bedah rumah yang dilaksanakan di Dua Kabupaten 3 Koramil diantaranya Koramil 421-07/Sidomulyo Lampung Selatan, Koramil 421-05/Padang Cermin dan Koramil 421-01/Kedondong Kabupaten Pesawaran.

Menurutnya, TNI AD harus mengetahui dan memiliki rasa empati kepada masyarakat dalam membantu Pemerintah Daerah meringankan beban warga.

“Bedah rumah Tidak Layak Huni ini selain mendukung program Bapak Kasad Jenderal Dudung Abdulrahman, juga merupakan rangkaian menyambut hari ulang tahun Kodam II Sriwijaya yang ke 77 tahun.”ujar Brigjen TNI Ruslan Efendi.

BACA KONTEN LAINNYA ---->
PPK Kecamatan Ngawen Gelar Rapat Pleno DPTHP

Salah satu kepedulian itu adalah dengan melakukan bedah rumah sejumlah warga yang masuk kategori ekonomi lemah secara nasional yang menjadi lokus utama bedah rumah program TNI seluruh Indonesia, dengan mengangkat tema “Babinsa Masuk Dapur”

Sementara itu Bupati Lampung Selatan H Nanang Ermanto, mengucapkan terima kasih kepada Jajaran TNI angkatan Darat khususnya Korem 043/Gatam dan Kodim 0421 Lampung Selatan yang telah menginisiasi terselenggaranya Program Babinsa Masuk Dapur pada hari ini.

“Tentunya program ini sangat selaras dengan Program Pemerintah Daerah dalam upaya percepatan pembangunan di pedesaan, baik dari aspek pembangunan fisik rehabilitas sarana prasarana, maupun aspek pembangunan non fisik.”kata Nanang dalam sambutannya yang disampaikan Sekda Lampung Selatan Thamrin.

Dikatakan, Program Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) ini merupakan wujud kepedulian dan penghargaan dari TNI Angkatan Darat yang bertujuan untuk membantu kesejahteraan masyarakat melalui kegiatan bedah rumah, yang awalnya tidak layak huni menjadi rumah yang bersih, sehat, nyaman dan lebih layak huni.

“Sebagaimana yang kita ketahui bersama bahwa Program Babinsa masuk dapur yang diinisiasi oleh Korem 043/Gatam ini telah membantu masyarakat di 2 Kecamatan, yakni Kecamatan Sidomulyo di Desa Bandar dalam ini dan Kecamatan Katibung di Desa Pardasuka.

BACA KONTEN LAINNYA ---->
Guna Mencetak Personil Intelkam Yang Profesional,Polres Blora Selenggarakan Pelatihan

“Tentunya ini sangat selaras dengan program pemerintah pusat dan daerah sebagaimana kegiatan bedah rumah yang dilaksanakan Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan melalui Dinas Perumahan dan Pemukiman Kabupaten Lampung Selatan.”terangnya.

Dijelaskan, Dimana di Tahun 2022 ini melalui Program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS), Kabupaten Lampung Selatan memperoleh bantuan Program DAK sebanyak 220 Unit untuk Pembangunan Rumah Baru Layak Huni yang tersebar di 5 (Lima) Kecamatan, yaitu Kecamatan Natar, Jati Agung, Katibung, Kalianda dan Bakauheni. Serta 6 (Enam) Desa, yaitu Desa Natar, Jatimulyo, Sidomekar, Karya Tunggal, Kalianda dan Bakauheni.

“Untuk itu, dengan visi yang sama saya selaku Bupati Lampung Selatan siap mendukung Program Babinsa Masuk Dapur dari TNI AD, sehingga dengan adanya jalinan sinergitas yang baik ini, dapat membantu masyarakat untuk dapat memenuhi kebutuhan rumah yang layak huni di Kabupaten Lampung Selatan.”pungkas Thamrin menyampaikan sambutan tertulis Bupati Lampung Selatan H Nanang Ermanto. (Red)