Ida Istiani S.Sos. MM Berikan Materi Sosial Media dan Hoaks

INFODESA78 Dilihat

PATI, INFODESANEWS – Kepala Diskominfo yang diwakili oleh Kabid Informasi Komunikasi Publik Ida Istiani S.Sos. MM berkesempatan menjadi narasumber di kegiatan Peningkatan Kemampuan Apkowil Tersebar Kodim 0718/Pati TA. 2022.

Dengan tema Melalui Kegiatan Peningkatan Kemampuan Apkowil Tersebar Kita Tingkatkan Profesionalisme Apkowil Dalam Mengimplementasikan Kegiatan Pembinaan Teritorial Untuk Membantu Pemerintah Daerah Dalam Meningkatkan Ekonomi Kerakyatan di Wilayah, memberikan materi tentang sosial media dan hoaks, Senin (31/10/2022).

Kegiatan ini dilakukan secara berkala per enam bulan sekali dengan mengundang narasumber dari dinas instansi terkait dengan tujuan untuk membekali anggota yang tersebar di seluruh wilayah Kabupaten Pati dengan materi yang sedang relevan situasi kondisi saat ini.

Dijelaskan, Sosial media dalam perkembangannya telah menjadi life style dalam kehidupan bermasyarakat. “Bulan Juni  tahun 2022 ini, pengguna internet di Indonesia mencapai 210 juta jiwa atau 77% (APJII, 9/6/22).

Kenaikan yang cukup signifikan sebesar 35 juta pengguna dari sebelumya sekitar 175 juta sebelum pandemi.”Lanjut, Ida Istiani, S.Sos., MMIda Istiani S.Sos. MM memberikan gambaran bahwa pandemi ini telah merubah tatanan sosial maupun perilaku masyarakat.

Dalam Regulasi juga sangat mempengaruhi perkembangan ini.” Masyarakat mulai melakukan video conferencee-commercezoom meeting, e-learning, e-sport dan live streaming yang secara keseluruhan menggunakan media sosial/internet.

Tak hanya itu, Masyarakat diharapkan untuk lebih waspada terhadap berita-berita yang keliru dan mampu mengenali macam berita dari yang misinformasi, disinformasi maupun hoaks dan upaya-upaya untuk menangkalnya.

“Berharap dari pertemuan ini para anggota TNI mampu menjadi virus, yang dapat secara aktif menyebarluaskan informasi tentang bijak dalam bermedsos dan upaya mengenali dan menangkal hoaks.” kata Ida Istiani S.Sos. MM selaku Kabid Informasi Komunikasi Publik saat diwawancari awak media dilokasi.(@Gus)