Umat Sedharma Kecamatan Candipuro Gelar Upacara Ngenteg Linggih

INFODESA335 Dilihat

LAMPUNG SELATAN, INFODESANEWS — Umat Hindu Pura Puseh  di Dusun 08 Desa Beringin Kencana Kecamatan Candipuro Kabupaten Lampung Selatan menggelar upacara keagamaan Karya Agung (Ngenteg Linggih).

Ketua panitia upacara, I Wayan Sudiarte mengatakan, upacara ini untuk memantapkan kembali Pura Banjarsari Nusa Sakti sebagai tempat suci agama Hindu. “Banyak bangunan baru yang didirikan di area pura. Termasuk material baru. Sehingga perlu disucikan,” kata dia, Rabu (12/10/2022)

Dikatakan, sejak Pura ini didirikan pada 1975 lalu baru sekali dilakukan upacara pemantapan pura (Ngenteg Linggih).

“Jadi, periode penyelenggaraan upacara Ngenteg Linggih ini cukup panjang. Yaitu 15 tahun hingga 25 tahun sekali. Karena sudah lama pura tidak dimantapkan, maka kami adakan Ngenteg Linggih,” ujarnya.

Kegiatan yang diawali penyucian bangunan-bangunan baru yang dididirikan itu dilakukan sejak 2 Oktober 2022. Dilanjutkan upacara pemasangan logam (emas dan perak) atau Nganteg Linggih pada setiap bangunan yang ada di area pura.

Dalam kesempatan tersebut dihadiri Forkopimcam Kecamatan Candipuro, Kepala Desa Beringin Kencana, koordinator pemangku Sanggraha Nusantara Kabupaten Lampung Selatan, ketua LPGD Lampung Selatan dan para tokoh adat serta para tamu undangan. (Red)