KKN UNISRI Kelompok 72 Beri Penyuluhan Kesehatan di Desa Mlese

KLATEN-INFODESANEWS, Mahasiswa KKN-Tematik Merdeka Belajar Kampus Merdeka (KKN-MBKM) UNISRI Solo, melakukan penyuluhan kesehatan dengan materi “kehamilan resiko tinggi” dengan penyampai materi oleh dr.Ayyub Iswahyudi, Sp.OG. sebagai narasumber Ahli, Sabtu (6/8/2022). Penyuluhan kesehatan dilaksanakan di balai desa kelurahan Mlese, Cawas Klaten. Bentuk kegiatan penyuluhan kesehatan hadiri oleh ibu-ibu hamil dan bidan desa.

Menurut  Lora Fetresia L.A prodi Manajemen dari kelompok 72 dengan Dpl Akhmad Mustofa,S.TP. M.Si. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan penyuluhan dan pengetahuan untuk ibu-ibu hamil di desa mlese agar menjadi calon ibu agar dapat meminimalisir resiko tinggi pada kehamilan agar mengurangi tingkat kematian pada ibu dan juga bayi.

Banyak hal yang disampaikan oleh dr.Ayyub Iswahyudi, Sp.OG dalam kesempatan penyuluhan kesehatan seperti bagaimana menjadi calon ibu yang cerdas,cermat,dan waspada. Diantaranya hal-hal penting yang wajib di ketahui oleh ibu hamil dari resiko-resiko yang mungkin terjadi dan hal-hal yang wajib ditanyakan ibu hamil dalam pemeriksaan USG diantaranya seperti kondisi janin apakah lilit tali pusat,air ketuban,tulang hidung janin,dll. Beliau juga berpesan pentingnya menyiapkan rencana kehamilan yaitu siap kan sejak awal akan merencanakan kehamilan mulai dari gizi,mental,biaya persalinan,juga rencana penggunaan kontrasepsi (KB). (*/Lora F/red slo)