Menjelang Idul Adha, Ridwan Kamil Pastikan Penanganan PMK Hewan Kurban di Jabar Maksimal.

NASIONAL230 Dilihat

BOGOR, INFODESANEWS | Menjelang Idul Adha 1443 Hijriah, Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil Pastikan Penanganan PMK atau Penyakit Mulut dan Kuku hewan kurban maksimal.

Oleh sebab itu, Ridwan Kamil akan melakukan percepatan vaksinasi sebagai salah satu upaya menangani infeksi virus PMK hewan kurban di Jabar.

“Masyarakat Jabar tetap tenang, penanganan PMK hewan di Jabar tertangani dengan baik menjelang Iduladha bulan depan, jangan khawatir,” kata Ridwan Kamil usai meninjau vaksinasi PMK pada sapi di Desa Cilembu, Pamulihan, Kabupaten Sumedang, Senin, 20 juni 2022.

BACA KONTEN LAINNYA ---->
Desa Seloretno dan Sukabanjar Salurkan Bantuan Dari Bupati Lamsel Untuk Yatim-Piatu

Ridwan Kamil menjelaskan, pelaksanaan vaksinasi PMK pada hewan ternak atau kurban di Jabar akan dilakukan melalui tiga tahap yakni suntikan pertama, kedua, dan booster.

“Sama seperti vaksinasi COVID-19 suntikan pertama, kedua dan booster,” ucap Ridwan Kamil.

Bagi hewan ternak yang sudah diperiksa sehat dan cukup umur, akan diberikan sertifikat yang dipasangkan pada leher hewan. Hal itu menandakan bahwa hewan tersebut sehat dan siap untuk dikonsumsi.

BACA KONTEN LAINNYA ---->
Kadis P2KUKM Luwu Utara dan Aparat Gabungan Satgas Covid-19 Sidak Penegakan Disiplin Prokes di Pasar Masamba

“Semua yang sehat akan dikasih sertifikat yang bisa dicek menggunakan handphone. Jadi nanti di setiap kuping sapi sehat bisa di-scan barcode-nya, menandakan itu siap untuk dilakukan kegiatan khususnya untuk sapi potong,” tutur Kang Emil sapaan akrab Gubernur Jabar.***Red/Myd.