Tabang Surut, Kembang Janggut Tergenang, Danrem 091/ASN Beri Bantuan Sembako

INFODESA, NASIONAL183 Dilihat

KUTAI KARTANEGARA.INFODESANEWS –  Dalam kunjungan kerjanya Danrem 091/Aji Surya Natakesuama (ASN) Brigjen TNI Dendi Suriyadi bersama rombongan di dampingi langsung oleh Dandim 0906/Kutai Kartanegara (Kkr) Letkol Inf Jeffry Satria tinjau langsung kondisi banjir yang berada di desa Gunung Sari Kecamatan Tabang, Rabu (25/5/2022).

Dampak dari hujan yang begitu tinggi mengakibatkan luapan sungai Belayan tidak mampu menampung debit air yang mengakibatkan banjir di kedua kecamatan  baik itu kecamatan Tabang dan kecamatan kembang Janggut.

Dari data yang dihimpun ada sekitar 14 desa di kecamatan Tabang yang terdampak banjir diantaranya Desa Sidomulyo, Umaq bekuay, Umaq Tukung, Tabang lama, Muara Pedohon, Kampung Baru, Umaq Dian, Muara Tiq, Muara Ritan, Buluqsen, Tukung Ritan, Ritan Baru, Long Lalang dan desa Gunung Sari sedangkan di kecamatan Kembang Janggut ada 7 desa yang terdampak diantaranya Desa Long Bleh Modang, Long Bleh Haliq, Muai, Pulau Pinang, Perdana, Bukit Layang dan Desa Kelekat.

Penyaluran bantuan sembako tersebut merupakan kerja sama TNI dengan pihak perusahan yang ada di wilayah Tabang khususnya PT. Bayan Group guna membatu warga masyarakat yang terdampak banjir.

BACA KONTEN LAINNYA ---->
Nanang Meninjau Perbaikan Rumah Bantuan BSPS Milik Warga Desa Kerto Sari

Dalam kesempatan tersebut Danrem bersama Dandim menyerahkan bantuan sembako secara simbolis yang di berikan kepada perwakilan warga masyarakat yang terdampak banjir.

Brigjen TNI Dendi Suriyadi menyampaikan “Kepada warga masyarakat dengan adanya  banjir siklus 10 tahunan ini  diharapkan kepada warga agar selalu menjaga kebersihan lingkungan jangan membuang sampah sembarangan apalagi membuang langsung kesungai karena dapat menyebabkan pendangkalan pada sungai sehingga bila turun hujan dapat menyebabkan banjir di karenakan meluap “,ujarnya.

“Sembako yang kita bagikan ini merupakan bantuan dari perusahaan PT Bayan group yang bekerja sama dengan TNI dalam penyalurannya kepada warga yang terdampak banjir, bantuan sembako sebanyak 2.500 akan kita berikan kepada pak Camat agar pendistribusiannya dapat dengan cepat sampai kepada warga”, tutupnya.

Ditempat terpisah, dalam keterangan persnya Komandan kodim 0906/Kutai Kartanegara’ Letkol Inf. Jeffry satria mengatakan “Sudah menyiapkan sarana dan prasarana evakuasi serta menyiapkan anggotanya dilokasi banjir untuk membantu proses evakuasi namun dalam pelaksanaannya tetap bersinergi dengan instansi terkait”.

BACA KONTEN LAINNYA ---->
Wujud Kemanunggalan TNI Rakyat, Berikan Bantuan Ke Warga Kurang Mampu Di Sangatta

“Kami sudah berkoordinasi dengan instansi terkait dengan menyiapkan sarana dan prasarana evakuasi serta melakukan patroli menggunakan perahu karet disepanjang sungai Belayan yang menghubungkan kecamatan Kembang Janggut dan kecamatan Tabang”, ungkap Dandim.

“Tahap awal kami sudah menyalurkan sekitar 1000 (seribu) paket sembako melalui PT. IP Bayan Group Tabang yang diserahkan langsung kepada warga terdampak banjir di dua kecamatan tersebut”, tutup Dandim.

“Kami sangat senang dengan kehadirannya TNI di tengah masyarakat, karena selama banjir kami tidak bisa menjalankan aktivitas seperti biasanya karena semua akses jalan yang ada tidak bisa di lalui dan tertutup di karenakan luapan sungai Belayan yang begitu tinggi”, kata warga.

Dengan kehadirannya bapak Danrem 091/ASN dan bapak Dandim 0906/Kkr ke desa Gunung Sari ini sangat berarti di karenakan selain sebagai bentuk dukungan moril juga memberikan bantuan sembako kepada warga yang terdampak banjir”, ucap Balan salah satu warga Gunung Sari.

Sumber : Penrem 091/ASN