Cegah PMK, Kapolres Kudus Tegaskan ke Jajaran Cek Desa Binaan dan Pasar Hewan

INFODESA853 Dilihat

KUDUS – Dalam rangka menanggulangi penyebaran penyakit pada mulut dan kuku (PMK) hewan ternak, Kapolres Kudus AKBP Wiraga Dimas Tama memerintahkan Kapolsek Jajaran serta Bhabinkamtibmas untuk aktif mengunjungi desa – desa binaan dan pasar hewan ternak yang ada di Kabupaten Kudus, Selasa (17/05/2022).

Sebanyak kurang lebih 300 (tiga ratus) ekor hewan ternak yang akan diperjual belikan di area pasar hewan Kudus yang berada di Desa Gulang Kecamatan Mejobo Kudus dilaksanakan penyemprotan dan pemeriksaan, penyemprotan disinfektan sendiri dilakukan sebanyak 3 (tiga) kali.

Penyemprotan pertama dilakukan diseluruh area Pasar Hewan Kudus dan dilaksanakan pada hari Jum’at 13 Mei 2022 dan Penyemprotan kedua dilaksanakan pada hari berikutnya.

BACA KONTEN LAINNYA ---->
Bupati Blitar Buka TMMD ke 105 Di Karangbendo Kab. Blitar

Sabtu 14 Mei 2022 mulai pukul 06.00 Wib dengan sasaran Kendaraan pengangkut beserta hewan ternak muatannya ketika tiba memasuki lokasi Pasar Hewan Kudus.”Kemudian penyemprotan yang ketiga dilakukan ketika aktivitas jual beli hewan ternak di pasar Hewan Kudus telah selesai sekira pukul 14.00 Wib dengan sasaran semua area di dalam Pasar Hewan Kudus.

Kapolres Kudus AKBP Wiraga Dimas Tama melalui Kapolsek Mejobo AKP Cipto mengatakan, kami didampingi Kabid Peternakan Kabupaten Kudus, Subkoord Produksi dan Kesehatan Hewan, Kepala UPT.

Lanjut, Puskeswan RPH Kudus dan Dinas Perdagangan dan Pengelolaan Pasar melaksanakan pemeriksaan secara acak pada hewan khususnya kerbau, sapi dan kambing dengan cara membuka mulut dan memeriksa kuku pada hewan yang diperjual belikan di area Pasar Hewan.

BACA KONTEN LAINNYA ---->
Warga Desa Sidowaluyo Dihebohkan Penemuan Sosok Pria Yang Sekarat

“Kami mengedukasi pemilik ternak untuk selalu bersama – sama menjaga kebersihan Lingkungan Pasar. Selain itu, tidak kalah pentingnya untuk mengingatkan kita bahwa pola makan hewan juga diperhatikan agar kesehatan hewan tetap terjaga,” kata AKP Cipto.

Sementara itu, Kepala UPT Puskeswan dan RPH Kudus drh. Anton Cahyono menjelaskan ke Awak Media bahwa dengan adanya kegiatan tersebut.” kami berharap Virus PMK (Penyakit Mulut dan Kuku).

Pada hewan ternak khusunya diwilayah Kudus segera teratasi serta tidak menular pada hewan ternak lainnnya,”jelas drh. Anton Cahyono.(@Gus)