Cabai Petani Desa Sidowaluyo, Kecamatan Sidomulyo, Kabupaten Lampung Selatan Terancom Gagal Panen.

INFODESA108 Dilihat

Lampung Selatan Infodesanews.com – Puluhan Hektar tanaman cabai milik petani di Desa Sidowaluyo, Kecamatan Sidomulyo, Kabupaten Lampung Selatan gagal panen.

Para petani masih menunggu hasil tuntutan terhadap pelaksana proyek Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) di wilayah tersebut.

Berdasarkan informasi yang berhasil dihimpun infodesanews.com tanaman cabai milik para petani Desa setempat yang berusia sekitar 1 bulan lebih rusak dan mati.

Rusak dan matinya tanaman tersebut diduga akibat banyaknya debu dampak dari aktivitas proyek tol.
“Dari hasil pantauan kelapangan, keseluruhan tanaman cabai, seluas 6,5 hektare yang rusak keriting dan mati,”kata Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan, Kecamatan Sidomulyo, Didik, Kamis (26/10/2017).

Dari 6,5 hektare tanaman yang menjadi keriting, seluas 1,5 hektare tergolong rusak parah. Ada beberapa penyebab tanaman cabai milik petani setempat yang menjadi keriting.
“Salah satu penyebab tanaman menjadi keriting karena kurangnya pasokan air,” kata dia.
Saat ditanya penyebab kematian karena debu akibat proyek tol, Didik menjelaskan faktor debu yang berlebihan bisa merusak tanaman.
“Akan tetapi debu akan hilang kalau turun hujan. Permasalahannya, hujan tidak kunjung turun didaerah tersebut,” kata dia lagi.

Sementara itu, seorang petani setempat mengaku meminta ganti rugi kematian tanaman cabai sebesar Rp35 juta/hektare.
“Jumlah itu belum termasuk biaya tenaga kerja,” ungkap Made Suparna (41). Kepada awak media kamis (26/10/2017)

Dijelaskan bahwa , sebelum ada proyek tol, hasil tanaman cabai di daerah tersebut mencapai 9 ton per musim untuk lahan seluas setengah hektare.
“Tanaman saya setengah hektare, bisa menghasilkan 9 ton. Kalau sekarang, belum waktunya berbuah sudah mati,” katanya.

Terpisah, Camat Sidomulyo, Affendi mengatakan belum ada jawaban dari pelaksana proyek tol terhadap tuntutan para petani.

“Hingga hari ketiga belum ada jawaban dari mereka,” pungkasnya (SG).