Melalui IDM, Desa Fajar Baru di Tetapkan Menjadi Desa Maju.

INFODESA121 Dilihat

LAMPUNG SELATAN, INFODESANEWS – Verifikasi Indeks Desa Membangun, atau disebut IDM, Acara yang dilaksanakan di AULA desa Fajar Baru Kecamatan Jati Agung Kabupaten Lampung Selatan,Desa Fajar Baru di tetapkan Menjadi desa Maju.

Verifikasi yang dihadirkan langsung Camat Jati Agung,Kasi Ekobang, Pendamping Desa,PLD, Babinsa, Babinkamtibmas, Ketua BPD Beserta Jajaranya, LPMD, Kadus,Rt, serta Tokoh Masyarakat,Sehubungan dengan surat Direktur Jenderal Pembangunan dan Pemnerdayaan Masyarakat Desa Nomor : 08/PR.03.02/III/2019 tentang pemutakhiran indeks desa membangun tahun 2019.Jumat.(15/4/2022)

M.Agus Budiantoro.S.H.I.selaku kepala desa menjelaskan serta mengucap syukur bahwasnya,IDM ini dikembangkan untuk memperkuat upaya pencapaian sasaran pembangunan Desa dan Kawasan Perdesaan sebagaimana tertuang dalam Buku Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional 2015 – 2019 (RPJMN 2015 – 2019), yakni mengurangi jumlah Desa Tertinggal sampai 5000 Desa dan meningkatkan jumlah Desa Mandiri sedikitnya 2000 Desa pada tahun 2019.

Budi juga memaparkan tentang penginfutan pemutakhiran data yang akan di laporkan ke kementerian desa.Tambahnya.

IDM lebih menyatakan fokus pada upaya penguatan otonomi Desa. Indeks ini mengikuti semangat nasional dalam upaya peningkatan kualitas kehidupan desa seperti yang dinyatakan sangat jelas dalam dokumen perencanaan pembangunan nasional melalui optimalisasi pelaksanaan UU No. 6 Tahun 2014, Tentang Desa (UU Desa), serta komitmen politik membangun Indonesia dari desa melalui pembentukan kementerian Desa (Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi).Terangnya.

Alhamulilah Musyawarah Desa Penempatan IDM (Indeks Desa Membangun) desa Fajar Baru,dengan setatus lebih baik ini ditetapkanya desa Fajar Baru menjadi Desa Maju yang sebelumnya desa berkembang.Ucapnya.

Dan capaian ini tidak lain berkat kerjasama baik aparatur desa,Kadus,Rt,BPD,LPMD serta seluruh lapisan masyarakat yang sangat kompak dalam pembangunan baik prmbangunan fisik maupun non fisik.Tambahnya.

Harapan saya sebagai kepala desa Fajar Baru mari kita sambut penetapan yang lebih baik ini dengan menjaga kekompakan,gotong royong,mengayomi satu sama lain sehingga desa Fajar Baru yang kita cintai ini,semoga kedepanya lebih baik lagi.Harapnya. (Ronald)