DPMD Lamsel Lakukan Pembinaan Desa Sri Katon Menuju Lomba Desa Tingkat Provinsi

INFODESA153 Dilihat

LAMPUNG SELATAN, INFODESANEWS – Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Lampung Selatan terus intens melakukan pembinaan Desa di Desa Sri kanton, Kecamatan Tanjung Bintang.

Desa Srikaton merupakan salah satu desa yang akan mewakili kabupaten lampung selatan dalam ajang lomba desa tingkat provinsi pada Juni 2022 mendatang.

Kepala DPMD Lampung Selatan Erdiyansyah mengatakan, pembinaan ini sebagai tindak lanjut arahan bupati dalam kunjungan ke Srikaton pada hari selasa lalu.

“Untuk itu kami bersama jajaran terkait mengadakan rapat konsolidasi pembina lomba desa, dengan tema “Desa Tangguh” artinya dimasa pandemi ini desa tetap tangguh dalam menghadapi pandemi c Covid-19,” kata Erdi pada awak media,Kamis (7/4/2022).

Dijelaskan, Lomba Desa ini mengambil tema Desa tangguh, artinya bukan hanya tangguh menghadapi bencana non alam yang kita hadapi saat ini Covid-19, tapi meliputi tangguh pangan, tangguh ekonomi, tangguh terhadap bencana, dan tangguh sosial. Oleh karena itu, lomba desa difokuskan pada tema lomba desa ya itu desa tangguh, desa tumbuh.

“Artinya, desa harus ada sumberdaya ekonomi, apalagi dimasa pandemi
desa tangguh ekonomi masyarakat tumbuh,” terangnya.

Selain itu juga direncanakan akan dibuka kembali pasar alun-alun kreatif dengan digandeng pasar murah,dan akan dilakukan pembinaan khusus kepada pelaku UMKM, pelaku wisata gunung batu serta ekonomi kreatif batu akik bungur Tanjungbintang.

“Desa srikaton ini juga merupakan desa wisata dan memiliki alun-alun yang menjadi pusat pertumbuhan ekonomi. Dimana sebelum pandemi, sangat ramai UMKM dan wisata Gununh Batu ramai pengunjung. Namun karena pembatasan keramaian sehingga menjadi agak berkurang,” katanya.

Menurutnya Untuk kembali meningkatkan minat pengunjung, maka Dinas Perindag, Koperasi umkm, dan dinas perizinan akan mendorong terciptanya kembali pasar umkm/ekonomi kreatif,menggandeng pihak pelaku usaha umkm, dan Bank Lampung

“Tadi juga hadir pihak bank yang akan melakukan penambahan fasilitas pendukung pelaku umkm
Bumdes desa srikaton juga akan dikembangkan untuk menambah pendapatan asli desa (PAD),” ujarnya.

Dikatakan Desa Srikanton juga telah memiliki bumdes yang melayani penyewaan alat pesta,dan alat aduk semen/molen. Kedepan bumdes akan menggandeng bank lampung untuk pelayanan jasa keuangan /L Smart dan mengusulkan untuk pelayanan pajak kendaraan/e samsat.

Tentunya desa srikaton juga akan mulai menerapkan desa digital/smart village/desa pintar.

“Dimana urusan administrasi pelayanan warga berbasis digital, serta adanya command center yang akan dibina oleh dinas kominfo,” terangnya.

Desa srikaton merupakan 1 dari 6 desa di Lampung Selatan yang masuk nominasi anugrah desa wisata indonesia (adwi) kemnterian pariwisata ekraf dan juga 1 dari 9 desa dilamsel peserta lomba desa wisata nusantara yang digelar kementerian desa dan PDT.

“Untuk inovasi desa srikaton, juga memiliki arisan sampah sosial. Dimana sampah-sampah warga dijadikan uang yang digunakan untuk membntu masyarakat yang tidak mampu. Serta memiliki teknologi tepat guna sampah diubah menjadi minyak solar dan bensin
yang dikelola karang taruna dan pkk
sampah amal oleh tim PKK desa,” pungkasnya.(Red)