Fraksi Golkar: Hasil Retribusi Daerah Tidak Mencapai Target Yang Direncanakan

INFODESA568 Dilihat

(ft juru bicara Fraksi Golkar Maria Agatha saat menyampaikan pandangan umum fraksinya)

LAMPUNG SELATAN, INFODESANEWS — Fraksi Golkar DPRD Lampung Selatan menilai capaian pemerintah daerah dari tabel pelaporan yang sesuai dengan sumber pendapatan patut diapresiasi.

Hal tersebut terlihat bahwa hasil Pendapatan Asli Daerah (PAD), transfer antar daerah dan lain-lain, pendapatan daerah yang sah telah memenuhi target bahkan melampaui target yang telah ditentukan.

Selain itu fraksi Golkar DPRD Lampung Selatan juga menilai rendahnya capaian Hasil Retribusi Daerah tidak mencapai target yang direncanakan yaitu hanya sebesar 29.01% dari Rp 24.428.074.000,00 anggaran yang firencanakan.

Hal tersebut disampaikan oleh juru bicara Fraksi Golkar saat membacakan pandangan umum fraksinya disidang Paripurna DPRD Lampung Selatan dalam rangka penyampaian LKPJ Bupati Lampung Selatan Tahun Anggaran 2021.

Rapat yang dipimpin oleh Wakil Ketua I DPRD Lampung Selatan Agus Sartono, A.Md, didampingi Wakil Ketua II Agus Sutanto, S.T. dan Wakil Ketua III Waris Basuki, S.H. Sekertaris DPRD Lampung Selatan Thomas Amirico yang ikut dihadiri oleh anggota secara tatap muka dan virtual zoom meeting yang dipusatkan ruang sidang utama gedung DPRD setempat, Kamis (30/3/2022)

Selain itu dibidang pembangunan juga perlu ditingkatkan dan di intensifkan dalam pengawasan dan pelaksanaan pekerjaan dan memilih konsultan, pengawas sehingga kualitas pekerjaan dapat dikontrol secara tepat dan benar.

Disisi kesehatan Fraksi Golkar juga menilai masih adanya warga dalam Kasus Stunting yang disebabkan kurangnya asupan Gizi yang cukup.

Sedangkan bidang pendidikan juga masih banyaknya guru honorer di tingkat SD SMP dan SMA, sehingga Dana Bos banyak yang digunakan untuk membantu membayar gaji guru honor yang masih begitu kecil dan belum layak, yaitu hanya 250.000 – Rp 300 000 / bulan dengan mengajar 1-2 jam dalam seminggu yang kalau dhitung per-pertemuan itu tidak sampai Rp. 50.000. ini menjadi tanggung jawab pemerintah daerah guna mensejahterakan para pendidik.”kata juru bicara Fraksi Golkar Maria Agatha dalam penyampaian pandangan umum fraksinya.

Menurut Fraksi meski demikian keberhasilan beberapa program kegiatan pembangunan yang telah dilaksanakan Pamenintah Daerah, pertu kita apresiaasi dan menjadi motivasi untuk dapat meningkatkan kinerja dalam melakukan pelayanan kepada mayarakat dan kemajuan Kabupaten Lampung Selatan.

“Maka secara mendetail LKPJ Bupati Lampung Selatan Tahun 2021 akan kami antara Panitia Khusus (Pansus) DPRD dengan Dinas,Badan,Bagian,OPD, untuk itu perlunya pemaparan yang transparan dan akuntabel dalam pemaparan ditingkat Pansus.”pungkas Maria dalam penyampaian pandangan umum fraksinya. (Red)