30 Anggota TP Palopo Ikuti Pendidikan Kecakapan Keuangan

POLITIK112 Dilihat

SULSEL, INFODESANEWS – Pendidikan Financial Literacy atau Kecakapan Keuangan khususnya kepada mereka yang telah bergabung menjadi anggota Credit Union Sauan Sibarrung (CUSS) untuk menjadi lebih maju dan mengerti dalam mengelola uang serta berkembang dalam segala hal.

Hal tersebut disampaikan staf bagian Pendidikan dan Latihan (Diklat) Tempat Pelayanan (TP) Palopo CUSS, Marselinus Sarunggaga pada media ini, Rabu 31 Juli 2024 bahwa, pendidikan kecakapan keuangan atau financial literacy (FL) diikuti 30 peserta dimana 22 perempuan dan 8 laki-laki bertempat di aula TP Palopo, Jalan Veteran nomor 71, Kelurahan Pattene’ Kota Palopo.

” Financial Literacy tujuannya yakni, peningkatan kesejahteraan hidup secara materil dan spritual. Pendidikan kecakapan keuangan kepada anggota agar mereka mampu mengelolah keuangan dengan berbelanja sesuai kebutuhan dan tidak mengikuti keinginan peserta atau anggota,” sebutnya.

Dan anggota diajak untuk kembali menyadari tujuan mereka bergabung menjadi anggota CUSS yakni, menoling diri sendiri, mengenali tahap-tahap kehidupan, mengerti bahasa kekayaan, mempelajari kaedah manajemen keuangan, cara-cara menabung yang benar, menyiapkan dana darurat dan menyusun tujuan keuangan masing-masing anggota.

Pendidikan kecakapan keuangan ini menghadirkan fasilitator Adriana Masero dan Elisabeth Sarak didampingi staf bidang Pendidikan dan Latihan (Diklat).

Fasilitator dalam materinya anggota diajak untuk mengulas pola pemikiran anggota. Rata-rata orang, mayoritas jarang membuat rencana untuk kedepannya dan banyak yang mempunyai prinsip bahwa  hidup itu mengalir seperti air atau apa adanya.

” Selain itu, dibahas pula perbedaan antara kebutuhan (needs) dan keinginan (wants), dikarenakan banyaknya masyarakat umum yang masih tidak dapat membedakan kedua hal tersebut,” terang Adriana Masero bersama Elisabeth Sarak.

Pelatihan ini juga mengkaji lingkup-lingkup perencanaan keuangan, seperti perencanaan arus kas, perencanaan dana pendidikan, manajemen resiko, perencanaan investasi, pensiun, dan warisan. Juga pelatihan tersebut dilatih neraca keuangan yang meliputi aset dan hutang untuk mengetahui posisi financial saat ini, serta penyampaian mengenai laporan arus kas untuk mengetahui penggunaan uang yang ada.

Metode-metode yang digunakan CUSS untuk perencanaan keuangan, seperti dana darurat, time value of money, dan financial health check up, juga disampaikan dalam pendidikan FL ini.

Dan juga pemaparan materi mengenai manajemen resiko dan instrument investasi anggota. Secara umum materi yang disampaikan pada pendidikan ini dilakukan secara interaktif agar anggota dapat lebih baik dalam mengatur keuangan mereka serta dapat pula mengaplikasikan materi-materi yang disampaikan dalam pendidikan ini dalam kehidupan sehari-hari.

” Pendidikan ini diadakan supaya anggota CUSS dapat merencanakan keuangan masa depan mereka dengan baik. Dengan pelatihan yang tidak hanya teoritis, namun langsung praktik sehingga diharapkan anggota CUSS tidak perlu khawatir akan masa depan keuangan mereka. Selain itu juga bertujuan untuk meningkatkan literasi keuangan anggota,” jelasnya.** Yustus