26 Resimen Mahasiswa Mulawarman Ikuti Pelatihan Dasar Militer

INFODESA, NASIONAL106 Dilihat

SAMARINDA.INFODESANEWS – Kala itu, Resimen Mahasiswa atau yang biasa dikenal dengan sebutan Menwa, dinilai memiliki peran penting dalam ikut serta mempertahankan keutuhan, dan kedaulatan NKRI. Bahkan, tak sedikit pula, komponen masyarakat saat itu, yang ikut bergabung dengan Kesatuan Menwa yang bermarkas di setiap Perguruan Tinggi di Indonesia.

Lahirnya Menwa, tidak lepas dari sejarah kelahiran Negara Kesatuan Republik Indonesia. Jadi, tongkat estafet perjuangan itu, di mulai dari tentara pelajar yang kemudian di serahkan kepada Menwa.

Korem 091/Aji Surya Natakesuma (ASN) menggelar Upacara pembukaan Latsarmil Menwa (latihan dasar militer Resimen Mahasiswa) Mulawarman Provinsi Kaltim tahun 2022, di lapangan bola Kompi senapan B Yonif 611/Awl Desa Loa Janan Ulu Kecamatan Loa Janan Ulu Kabupaten Kutai Kartanegara Prov Kaltim, Senin (13/6/2022).

Danrem 091/ASN Brigjen TNI Dendi Suryadi SH.MH. mengatakan “Para calon menwa yang akan mengikuti pendidikan dasar selama 11 hari ini agar menangkap ilmu dengan baik dan dapat dipergunakan sesuai dengan aturan yang berlaku karena setiap warga negara berhak atas bela negara dan pertahanan Negara”.

“Ancaman dalam hidup manusia selalu ada sehingga kita harus selalu bentengi hidup kita dengan pendidikan bela negara dan cinta tanah air sehingga kita bisa kokoh dan tidak tergoyahkan. Kita harus jaga negara Indonesia untuk selalu eksis dan dipandang di mata dunia untuk itu mari kita mempertahankan negeri kita dan UUD 1945 agar tidak disusupi oleh faham-faham radikal yang dapat memecah belah bangsa”, jelas Danrem.

Danrem menambahkan “Membela negara tidak harus selalu dengan mengangkat senjata akan tetapi juga banyak dengan cara lain baik dalam bidang ekonomi maupun membantu sesama yang dapat menambah kekuatan bangsa kita ini”.

“Kita harus faham dan ingat tentang sejarah bangsa kita yang kelam dan penuh tekanan bangsa lain bagaimana susahnya pergulakan kita dalam merebut kemerdekaan dengan bangsa lain dimana peran generasi muda saat itu sangatlah penting, oleh karena itu mari kita memperkokoh persatuan dan kesatuan agar tidak terlena dalam kehidupan sehari hari. Semoga dalam pelatihan ini kalian dapat menjadi generasi Menwa yang sejati mengikuti Alumni-alumi terdahulu”, ajak Danrem.

Hadir dalam kegiatan tersebut diantaranya Danmenwa Prov Kaltim Dr.H.Abdul Rais SH.MH., Para Kasi Kasrem 091/ASN,  Dandim 0901/Smd Letkol Arm Novi Herdian SH.MM, Kapolresta Smd Kombespol Ary, Dandenpom VI/1 Smd Letkol CPM Teguh Ariwibowo SH, Danyonif 611/Awl Letkol Inf Hendra Mirza, Kabid SDM Dispora Samarinda Dra.Zainun dan Para ikatan Alumni resimen mahasiswa Indonesia.(Mur)*