SULSEL, INFODESANEWS | Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten yang dijuluki Bumi Lamaranginang (Luwu Utara, red) mengirim 20 (duapuluh) relawan kemanusiaan ke lokasi terdampak bencana gempa bumi yang meluluh lantahkan Kabupaten Majene dan Mamuju, Sulawesi Barat (Sulbar) pada Sabtu 16 Januari 2021 malam ini.

Ke duapuluh relawan kemanusiaan PMI Luwu Utara (Lutra) Sulawesi Selatan (Sulsel) dilepas oleh Wakil Ketua Bidang Relawan, Alauddin Sukri di Markas PMI Lutra, Jalan Trans Sulawesi Kelurahan Kappuna Kecamatan Masamba.

Hal tersebut juga, PMI Lutra memberangkatkan 3 (tiga) unit mobil tangki, 2 (dua) unit mobil ambulance, 1 (satu) mobil Hilyx dan satu mobil Pickup.

“Relawan PMI Lutra ini akan melaksanakan musi kemanusiaan di Majene-Mamuju selama empat belas hari. Dengan membawa logistik berupa obat-obatan, mie instan 180 doz, beras 80p kg, biskuit 8 ball, teh gelas, air mineral, pakaian layak pakai tiga karung dan bahan obat-obatan lain,” kata Alauddin Sukri dalam keterangannya.

BACA JUGA  Antisipasi Kebakaran Hutan, Inilah Giat TNI-Polri Tinjau Dilokasi

Alauddin Sukri menambahkan bahwa, relawan PMI Lutra akan melakukan assessment, membantu layanan kesehatan, proses evakuasi korban, WASH serta pencarian serta bergabung dengan tim PSC 19 Lutra yang sudah tadi pagi tiba di Sulbar dan membuka posko kemanusiaan di sekitar atea RSUD Sulbar.

Menurut Alauddin Sukri, PMI Lutra dalam melakukan operasi kemanusiaan di daerah terdampak bencana gempa di Kabupaten Majene-Mamuju, PMI akan berkoordinasi dengan pemerintah daerah setempat, TNI dan Polri.

“Dua mobil ambulance yang dikerahkan tersebut pun dimanfaatkan untuk mengevakuasi korban luka dan meninggal dunia sedang tiga mobil tangki untuk persediaan air,” tandas Wakil Ketua Bidang Relawan PMI Lutra. (yustus)