2 Desa Terendam Air Banjir Rongkong

NASIONAL458 Dilihat

SULAWESI SELATAN, INFODESANEWS | Curah hujan yang masih saja turun dan menyelimuti wilayah Bumi Lamaranginang Kabupaten Luwu Utara Sulawesi Selatan. Membuat Kapolsek Malangke Barat turun langsung ke dua desa di Kecamatan wilayah hukum Polsek Malangke Barat.

Kapolsek bersama melaksanakan pengecekan sungai sebagai antisipasi bencana alam banjir yang ada di wilayahnya dan melaporkan secara berkala ke Pimpinan Polres Luwu Utara. .

IPTU Abd Latif Kapolsek Malangke Barat pada media ini via whatsapp, Senin 21 Februari 2022 mengatakan bahwa, pengecekan debit air sungai ini guna antisipasi bencana banjir susulan, dibulan Februari ini. Selain itu juga guna meningkatkan kewaspadaan di masyarakat.

“Kami bersinergi dengan para Kepala Desa yang wilayahnya selalu terendam banjir, untuk melakukan monitoring tinggi permukaan dan debit air, agar dampak bencana banjir dapat diminimalisir,” sebutnya.

Menurutnya, banjir datangnya tidak bisa diprediksi tetapi bisa diantisipasi, jika rajin memantau aliran sungai yang ada di wilayah masing-masing. “Banyak juga faktor penyebab banjir yang melanda pemukiman penduduk. Diantaranya Intensitas curah hujan yang tinggi, debit air sungai yang meluap (over kapasitas).,” ujar IPTU Abd Latif.

Kapolsek Malangke Barat menambahkan bahwa, ketinggian air yang menggenangi dua desa, rumah masyarakat, lahan kebun kurang lebih satu meter.

Dampak banjir sungai Rongkong di wilayah Malangke Barat terdapat di Desa Wara dan Desa Cenning.

“Bahwa di Desa Wara Dusun Labou terdapat 40 Kepala Keluarga, lahan perkebunan 50 ha dan di Dusun Durian Bela’ ada 37 Kepala Keluarga, lahan perkebunan 38 hektare. Dan di Desa Cenning Dusun Urukumpang, untuk lahan perkebunan 5 hektare, sawah 35 hektars ruas jalan yang tergenang air 2 km. Serta titik titik tanggul yang jebol terdapat di RT 3 ada tiga titik, di RT 2 ada dua titi, serta di RT 1 ada dua titik tanggul yang ambrol,” pungkas IPTU Abd Latif dalam laporanya.(yustus)