Tongkonan To’Tallo’ Terbakar di Ropo’

PERISTIWA225 Dilihat

TATOR(Sulsel), INFODESANEWS – Satu unit rumah adat Tana Toraja yang dikenal (Tongkonan) yang terletak di Dusun Ropo To’ Tallo Lembang (Desa) Lea Kecamatan Makale Kabupaten Tana -Toraja ludes terbakar, Senin(27/1/2020) kemarin.

Tongkonan yang terbakar itu adalah Tongkonan To’ Tallo’, yang dihuni oleh Pong Duma'(nek Luky) dan keluarganya.

Kepala Dusun Ropo’ Daniel Paliang menjelaskan kebakaran itu terjadi sekitar pukul 20.10 Wita. Hingga berita ini ditayangkan, proses pemadaman masih berlangsung.

“Dikerahkan empat mobil pemadam kebakaran di sini, sementara melakukan pemadaman,” ungkap Daniel pada media ini di lokasi kebakaran, Selasa(28/1/2020).

Dia menyebut, selain Tongkonan, Sijago merah sempat merambat alang didepan tongkonan tapi hanya nampak kehitaman saja. Namun warga tak bisa memadamkan api karena sudah besar, hanya yang bisa dibuat warga mengerluarkan ternak babi dari kandangnya.

“Itu tongkonan sudah habis pak dan satu motor Jupiter juga hangus terbakar,” jelas Kepala Dusun Ropo.

Daniel mengatakan tidak mengetahui sebab kebakaran. Tapi polisi sudah ada di lokasi.

“Mungkin nanti pak polisi yang bisa jelaskan. Saya juga tidak tahu apa penyebabnya,” katanya, seraya menambahkan hanya ada petir besar selang duapuluh menit rumah tongkonan To’ Tallo apa besar hanya sekecap saja pak.

Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut. Namun rumpun keluarga pemilik tongkonan diperkirakan menderita kerugian material ratusan juta rupiah. (yustus)

Berita Terkait

Baca Juga