oleh

RTMP Terima 50 Ekor Ayam Super, 16.050 Kg Pakan dan Obat-Obatan pada 107 KK

LUWU UTRA(SULSEL), INFODESANEWS – Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan (Ditjen PKH) Kementerian Pertanian melalui Dinas Peternakan Keswan Luwu Utara, mulai mendistribusikan bantuan Program Bedah Kemiskinan Rakyat Sejahtera (BEKERJA) Kementerian Pertanian tahun 2019.

Bantuan diberikan kepada 107 Rumah Tangga Miskin Pertanian (RTMP) di Desa Bumi Harapan Kecamatan Baebunta Kabupaten Luwu Utara, Sulawesi-Selatan.

Bantuan tersebut diserahkan langsung Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani pada hari Rabu(9/10), berupa pakan ayam 16.050 kg, obat-obatan ternak dan 50 ekor ayam super untuk tiap RTMP.

Indah Putri Indriani mengatakan program bantuan tersebut bertujuan untuk membantu para RTMP agar memiliki hidup yang lebih lagi. Setiap rumah tangga miskin terverifikasi mendapatkan bantuan 50 ekor ayam, 16.050 kilogram (Kg) pakan dan obat-obatan.

“Ini modal 50 ekor ayam yang bisa berkembang jadi 500, 1000 dan seterusnya bila dirawat dengan baik,” ujar Indah, dalam arahannya.
Bupati menegaskan, setiap bantuan yang diterima oleh RTMP, harus tepat sasaran, tepat jumlah dan mampu meningkatkan kehidupan yang lebih lagi bagi RTMP, setidaknya mampu memenuhi kebutuhan protein bagi warga miskin.

Melalui program ini, penerima manfaat tidak hanya diberikan peralatan, bahan pakan, dan ternak, tetapi juga dibekali dengan pengetahuan tentang cara beternak ayam dalam bentuk bimbingan teknis (Bimtek).

“Target hari ini selesai satu desa harus tercapai yaitu 107 RTMP, dengan total jumlah ayam 5350 ekor, 1717350 kg pakan,” jelas Indah, seraya menambahkan di Bumi Lamaranginang kita akan distribusikan 185.500 ekor ayam super dan dipeluhara dengan baik.

Indah Putri Indrisni juga menyakinkan kepada penerima bantuan dan seluruh yang hadir bahwa ayam yang dibagikan ini adalah ayam sehat, “Semua sudah divaksin dari resiko penyakit yang berbahaya, tinggal rajin-rajin saja bersihkan kandangnya,” ungkapnya.

Lanjut Bupati perempuan pertama di Sulsel ini, menjelaskan program Nasional BEKERJA ini juga telah di kawal dengan TP4P dan TP4D wilayah setempat serta tim Pakar agar program BEKERJA ini berjalan sesuai peraturan yang berlaku. “Mari kita menjadi pengawas untuk mengawasi setiap gerak program bantuan ini, dan jangan ada yang coba-coba untuk mengambil hak yang sudah menjadi hak para RTMP,” imbuh Bupati.

Lanjut Indah, nantinya akan kita evaluasi, dan diharapkan akan ada perkemvangan atau peningkatan RTMP, minimal jumlah ayamnya bertambah sehingga program ini betul-betul dapat berdampak untuk mensejahterakan keluarga, karena itulah tujuan akhir melalui program ini.

Hadir dalam kegiatan tersebut Kepala Kejaksaan Negeri Luwu Utara Indawan Kuswadi, Kepala Disnak Keswan, Adrisni Ismail, Ketua tim BIB Lembang, Seno Prihamdoko, Camat Baebunta Andi Yasir Pasandre.(yustus)

Berita