oleh

Pramuka Diharapkan Jadi Garda Terdepan Dalam Membentuk Karakter Generasi Muda

LAMPUNG SELATAN INFODESANEWS — Dalam rangka memperingati Hari Pramuka ke-59 tahun 2019, Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Kabupaten Lampung Selatan menggelar Perkemahan Satu Hari (Persari) di lapangan Desa Klaten, Kecamatan Penengahan.

Kegiatan yang diikuti Pramuka Siaga Tingkat Kwarcab se-Kabupaten Lampung Selatan itu, dibuka oleh Pelaksana tugas (Plt) Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Lampung Selatan Hj. Winarni Nanang Ermanto yang ditandai dengan pelepasan burung, Selasa pagi (15/10/2019).

Winarni yang menjadi pembina upacara pembukaan Persari itu mengatakan, Pramuka diharapakan dapat menjadi garda terdepan dalam membentuk karakter generasi muda.

Dengan kegiatan Persari itu, diharapakan Gerakan Pramuka dapat membentuk kepribadian generasi muda yang beriman, bertaqwa, berakhlak mulia, berjiwa patriot, taat hukum, disiplin, dan menjunjung tinggi nilai-nilai luhur bangsa.

“Melalui Persari ini juga, diharapkan anak-anak kita akan memiliki kecakapan hidup sebagai kader bangsa yang menjaga dan membangun Negara Kesatuan Republik Indonesia, serta mengamalkan Pancasila sesuai dengan Dasa Dharma Pramuka,” ujar Winarni.

Dikesempatan itu, Winarni juga menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan yang tinggi kepada kakak-kakak pelatih dan pembina gugus depan yang sampai saat ini masih konsisten terhadap keberlangsungan kegiatan Pramuka.
“Semoga upaya pembentukan karakter generasi muda melalui pembinaan dengan gerakan Pramuka yang dilakukan kakak-kakak akan menjadi ladang pahala dan mendapat balasan dari Allah SWT,” ucap Winarni.

Winarni juga berpesan kepada seluruh peserta upacara yang hadir untuk dapat mengikuti dengan seksama kegiatan Persari tersebut.

Sebab menurutnya, melalui kegiatan itu para peserta akan mendapatkan ilmu pengetahuan yang bermanfaat, baik itu wawasan, kedisiplinan, ketangkasan dan keterampilan maupun kemandirian dalam rangka pengembangan diri maupun mental pikiran.

“Momentum ini sangat penting bagi program pengkaderan Pramuka hingga ke jenjang yang lebih tinggi. Untuk itu, keterlibatan semua pihak dalam menciptakan kader Pramuka yang handal, terampil dan berdedikasi sangat dibutuhkan, sehingga kader-kader Pramuka ini nantinya menjadi bagian penting dalam pembangunan di negara kita tercinta ini,” katanya.

Perkemahan yang berlangsung satu hari itu diisi dengan berbagai kegiatan dan perlombaan seperti lomba menjahit, memasak, menyulam, membuat kerajinan tangan dari kayu, dan Morse. (kmf)

Berita