Perencanaan Program Dual System di SMK Bina Wiyata Sragen dengan Sekolah Vokasi UMS

PENDIDIKAN147 Dilihat

SRAGEN, INFODESANEWS – Direktur Sekolah Vokasi UMS. Dr Ir Suranto ST MM MSi, bersama Wakil Direktur Ir Sartono Putro MT berkunjung ke SMK Bina Wiyata Sragen, Kamis (21/11). Kunjungan ini dalam rangka mewujudkan kerjasama model dual system yang akan dilakukan SMK Bina Wiyata Sragen bagi siswanya.

Pendidikan Sekolah Menengah Kejuruan sebagai salah satu jenjang pendidikan menengah dengan kekhususan menyiapkan lulusan untuk siap bekerja memiliki kompetensi tertentu yang siap dipilih BMW (Bekerja, Melanjutkan pendidikan lebih tinggi atau Wirausaha)

Untuk meningkatkan efektifitas belajar dan efisiensi lulusan cepat bekerja, SMK Bina Wiyata Sragen menggandeng Sekolah Vokasi UMS untuk berdiskusi dan sharing tentang pembelajaran model sistem ganda (dual system), model dual system pernah diterapkan di Jerman dan telah menunjukkan keberhasilannya.

Mengingat lulusan SMK diharapkan memiliki kompetensi dan sertifikat kompetensi, untuk itu SMK Bina Wiyata Sragen mencoba membuat terobosan, SMK Plus. Membuat kompetensi unggulan sesuai dengan kebutuhan calon tenaga kerja terampil siap pakai di Dunia Usaha Dunia Industri.

Lulusan SMK Bina Wiyata Sragen diharapkan dapat bekerja dan terserap di dunia kerja sesuai kompetensi dan harapan kesejahteraan meningkat. Kegiatan sharing dan perencanaan program dual system dilaksanakan jam 09.00-12.00 di ruang meeting SMK Bina Wiyata Sragen. Berdiskusi dengan beberapa penanggungjawab program, ketua program kompetensi SMK setempat, dan diterima langsung oleh wakil kepala humas bapak Widodo SPd.

Program dual system ini diharapkan lulusan langsung siap bekerja, lulusan mendapatkan pekerjaan, lulusan memiliki sertifikat kompetensi, lulusan SMK selama 4 tahun atau lulusan setara dengan lulusan sertifikat diploma 1.(hr/anto)

Berita Terkait

Baca Juga