oleh

Peran Serta Persit KCK Dim 0913 PPU Menjaga Pantai Pantai Dari Abrasi

PENJAM, INFODESANEWS – Penanaman mangrove bertujuan untuk mengembalikan peran dan fungsi mangrove sebagai penyerap polutan. Mencegah intrusi air laut, penelitian dan pendidikan. Secara umum keberadaan hutan mangrove memilik manfaat jangka panjang. Sebagai tempat berpijah aneka biota laut, pelindung garis pantai dari abrasi dan tsunami. Serta perkembangbiakan berbagai jenis fauna ekosistem payau.

Hal ini dilakukan Persit Kartika Chandra Kirana Cabang LXV Dim 0913 PPU turut peran penanaman bibit mangrove juga melakukan penghijauan di Pesisir pantai Kel. Kampung Baru Kec. Penajam Kab. Penajam Paser Utara (PPU) Provinsi Kalimanatan Timur, Jumat (11/10/19).

Di katakannya oleh Ketua Persit KCK Cab LXV Dim 0913 PPU Ny Ningsih Mahmud ,“ Kegiatan penghijauan ini merupakan rangkaian dalam rangka HUT TNI ke 74 dengan salah satunya kita isi melaui penanaman bibit pohon mangrove, kehadiran populasi pohon dan semak yang ada pada hutan mangrove ini dapat melindungi tepian pantai dari terjangan ombak langsung yang berpotensi menghantam dan merusak bibir pantai,” ujarnya.

“Selain itu, peran penting hutan mangrove lainnya yakni melindungi pantai dan tebing sungai dari kerusakan, seperti erosi dan abrasi. Hutan mangrove juga populer dengan sebutan hutan bakau, dikarenakan mayoritas populasi tanaman yang hidup pada Hutan Mangrove adalah tanaman bakau, “Imbuh Ketua Persit KCK Cab LXV Dim 0913 PPU.

Pada saat kegiatan penanaman bibit pohon mangrove, rombongan Persit dari Kodim 0913 PPU tersebut juga di damping oleh Dandim 0913/PPU Letkol Inf Mahmud, S.Ip.

Penulis Murdi

Berita