oleh

Misteri Solo Benteng Vastenburg, Dulu Tempat Pembantaian dan Pembuangan Mayat

-WISATA-1.510 views

SOLO-INFODESANEWS, Benteng Vastenburg adalah benteng peninggalan Belanda yang terletak dikawasan Gladak, Surakarta Jawa Tengah yang mempunyai luas bangunan sekitar 86.565 m2 dan dibangun pada tahun 1774 atas perintah Gubernur Jendral Baron Van Imhoff.

Benteng ini dibangun bertujuan untuk pengawasan pemerintahan Belanda terhadap gerak gerik Keraton Surakarta serta pertahanan terhadap musuh. Setelah Merdeka benteng ini dijadikan sebagai Asrama Militer Indonesia.

Menurut Pak Karolus yang menjaga benteng ini selama 32 tahun, Beliau ditugaskan menjaga benteng ini atas perintah seorang nenek yang ditemuinya saat sedang beristirahat dibawah pohon beringin.

Dari penulusuran Karolus dilokasi kejadian banyak yang ingin diceritakan mengenai benteng yang menyimpan banyak rahasia misterius ini. Salah satunya adalah tempat pembantaian serta tempat pembuangan mayat yang sampai kini masih menjadi misteri yang tersimpan rapat-rapat di benteng ini.

Adapun kini Benteng Vastenburg nan kuno itu telah berubah dan sering digunakan untuk berbagai kegiatan yang mengundang keramaian warga. (hr)

Berita