Mahasiswa UNS Raih Juara 2 di Olimpiade Statistika Nasional

INFODESA279 Dilihat

SOLO, INFODESANEWS – Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta yakni dua mahasiswa Program Studi (Prodi) Statistika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) UNS angkatan 2016, Akbar Maulana dan Andika Putri Ratnasari berhasil meraih juara 2 di Statistic in Action (Enthusiastic Competition) Universitas Islam Indonesia. Keduanya bertemu wartawan di kampus UNS, Solo, Selasa (24/9).

“Saya sudah mengikuti berbagai olimpiade di bidang statistika. Ini adalah capaian kelima saya. Selain untuk membawa nama baik Statistika UNS agar lebih berprestasi lagi, saya juga ingin berbagi ilmu dengan para master Statistika se-Indonesia dan menambah relasi,” ujar Akbar saat bertemu wartawan.

Akbar mengatakan, Enthusiastic’s Competition 2019 adalah olimpiade statistika untuk mahasiswa jurusan S1 dan D3 Statistika tingkat nasional dengan dua tahap kompetisi yaitu Statistic in Action (Analisis Data) dan Infographic Competition (Lomba Ingfografis).

“Ini Olimpiade Statistika tingkat nasional yang diikuti oleh berbagai universitas di Indonesia, termasuk STIS. Ada dua tahap, yaitu tahap penyisihan daring dan babak final di UII,” tambah Akbar.

Sebelumnya, Akbar pun telah meraih berbagai prestasi di Olimpiade Statistika. Yaitu Juara 3 Pekan Analisis Statistika Nasional di Universitas Mulawarman, Peraih Medali Perunggu Padjajaran Stastitics Olympiad di Universitas Padjajaran, Perempat Finalis Kompetisi Statistika Nasional di IPB, dan Finalis Statistics Olympiad Edufest di STIS. Berikutnya ia akan mengikuti Padjajaran Statistic Olympiad 2019 dan Sebelas Maret Statistic Olympiad bulan Oktober nanti.

“Kedepannya, saya ingin terus berprestasi. Saya juga ingin mengembangkan kemampuan di bidang programming agar lebih ahli di bidang data sciense dan perbanyak belajar autodidak karena materi olimpiade levelnya tinggi,” pungkas Akbar. (Hr)

Berita Terkait

Baca Juga