Kapolres Blora Pastikan Kesehatan Anjing Satwa Unit K-9 Polres Blora Tetap Prima

INFODESA, PERISTIWA178 Dilihat

 Blora, Infodesanews.com – Menjelang mengamankan pesta Demokrasi Pemilihan Gubernur Jawa Tengah 2018, Polres Blora menyiagakan ratusan personil gabungan juga menerjunkan Unit Satwa K-9. Sejumlah anjing pelacak itu siap diterjunkan apabila suatu saat terjadi gesekan.

Unit Satwa K-9 kini terus dilatih dan dikontrol kesehatanya serta ikut dalam Simulasi Sistem Pengamanan Kota (Sispamkota) beberapa waktu lalu di alun-alun Kota Blora. Unit Satwa juga mepunyai peran penting dalam berbagai kegiatan Kepolisian, Sebab lima anjing Satwa K-9 yang dimiliki Sat Sabhara Polres Blora memiliki keahlian masing-masing. Tidak mudah untuk melatih satwa jenis anjing hingga bisa memiliki kemampuan khusus seperti itu.

Anjing dengan kemampuan lacak khusus dan anjing Dalmas (Pengendalian Massa) terus dilatih oleh dua personel Sat Shabara yaitu Bripka Joko dan Bripka Subekti.

Kapolres Blora, AKBP Saptono, S.I.K, M.H, mengatakan, selain memiliki kemampuan pengendalian massa dan mengendus handak, anjing khusus ini juga memiliki kemampuan mengendus narkoba. Untuk membuat satu ekor anjing agar memiliki kemampuan lacak khusus, anjing harus dilatih minimal 6 bulan dan diberikan nutrisi kusus. Namun jika sudah jadi, kemampuan anjing ini juga harus diasah setiap hari.

“Unit K-9 Polres Blora memiliki 5 jenis anjing dengan kemampuan lacak khusus berbeda yakni jenis German Helder, Malinois, American Pitbul Terier, dan Golden Redriver. Pengecekan ini untuk memastikan kesehatan anjing K-9 agar benar benar siap, saat melaksanakan tugas bersama personil Polri” ungkap kapolres Blora.

“Anjing yang sudah jadi, masih harus dilatih setiap hari. Itu dilakukan agar spesialisasi dan kemampuannya tetap terjaga bahkan meningkat,” lanjut AKBP Saptono.

Menurutnya, tidak cukup hanya berlatih. Untuk mempertahankan fisik anjing-anjing di Unit Satwa K9, pelatih juga harus menyediakan sejumlah asupan untuk dikonsumsi. Antara lain vitamin, susu dan makanan jenis daging. Selain itu, waktu istirahat anjing harus cukup dan sesuai dengan porsinya. Pelatihnya pun, harus memiliki basic pendidikan khusus kepelatihan. Yaitu harus terlebih dahulu mengikuti sekolah khusus di Mako Brimob Kepala Dua, Depok, Jawa Barat.

Selain anjing dengan kemampuan lacak khusus, Unit Satwa K-9 Sat Sabhara Polres Blora juga memiliki anjing-anjing dengan kemampuan lacak khusus dan Dalmas.

Kemampuan anjing dengan lacak khusus bisa mendeteksi handak, narkoba dan SAR. Dan untuk anjing dengan kemampuan lacak umum, bisa diterjunkan untuk membantu mengungkap kasus pembunuhan dan pencurian. Sedangkan anjing dengan kemampuan dalmas, bisa dilibatkan dalam pengendalian massa pada saat terjadi kerusuhan.

Berita Terkait

Baca Juga