oleh

Hama Tikus Dan Lembing Serang Belasan Hektare Tanaman Padi Di Lamsel

LAMPUNG SELATAN, INFODESANEWS — Para petani Padi di Desa Sidoasri Kecamatan Candipuro, Kabupaten Lampung Selatan, bakal merugi dan gagal panen pasalnya belasan hektare tanaman padi meraka nyaris ludes akibat serangan hama Tikus dan Lembing.

Menurut salah seorang petani, Murni (35) warga desa setempat, kurang lebih sejak dua pekan lalu tanaman padi sudah diserang hama.

“Kami Para petani setempat sangat kewalahan menghadapi serangan kedua hama tersebut. sudah berbagai cara kami upayakan untuk membasmi tapi belum menghasilkan yang maksimal.”ujar Murni pada Infodesanews.com. Senin (5/8/2019)

Untuk menghindari kerugian yang lebih besar, para petani setempat terpaksa menjual batang padi sisa dari serangan hama yang masih hijau, Daripada kami merugi terlalu besar terpaksa kami babat untuk dijual ke peternak.

“Sebab jika tanaman padi yang rusak tetap dipertahankan, maka para petani semakin merugi. Padi pun akan tetap mati
“Sedikit untuk menganti kerugian maka kami terpaksa menjual batang yang masih hijau ke pemilik ternak.”imbuhnya.

Sementara itu Amir (42) petani lainya mengatakan hal yang sama, hampir dua pekan para petani mengeluhkan dengan serangan hama yang menyerang tanaman Padi.

Ia juga mengatakan pada musim gaduh tahun ini, meski kemarau panjang, para petani setempat masih tetap menanam padi, karena sudah menggunakan sumur bor untuk pengairan sawah.
“Disini semua pakai sumur bor dengan daya tampung satu sumur untuk satu hektare.”paparnya.

Kurang lebih hampir 50 Hektare lahan sawah yang ditanami padi di musim gaduh tahun ini. Sedangkan luas tanaman padi yang terserang hama sekitar belasan hektare.

“Tidak tahu jumlah pastinya, yang terserang hama tapi sekitar belasan hektare yang terserang tikus dan lembing. kalau untuk pasokan Air Alhamdulillah cukup.”kata dia. (Sg/Bmb)

Berita