oleh

Bupati Tarling di Auditorium Graha Widyatama Unsoed Purwokerto

BANYUMAS, INFODESANEWS.COM – Bupati Banyumas Ir Achmad Husein melaksanakan sholat tarawih berjamaah yang dilaksanakan Senin malam (13/5) di Auditorium Graha Widyatama Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto dengan Imam H. Mukhroji, M.Ag dan penceramah Ust. Heru Widodo, Lc. Kegiatan ini merupakan rangkaian kegiatan tarawih keliling Amaliah Ramadhan 1440 H oleh Bupati bersama Dinas/Instansi, BUMN/BUMD, dan Perguruan Tinggi Kabupaten Banyumas yang diselenggarakan oleh Badan Pembinaan Rohani Islam (Babinrohis) dimana Unsoed menjadi tuan rumah. Tarawih keliling diikuti Bupati Banyumas beserta jajaran, Polri, TNI, unsur pimpinan Unsoed, para dosen, tenaga kependidikan, mahasiswa, dan masyarakat sekitar.

Rektor Unsoed Prof.Dr.Ir Suwarto MS selaku tuan rumah dalam sambutannya menyampaikan bahwa bulan Ramadhan adalah bulan suci dengan keutamaannya tersendiri. Dalam bulan ini, kita diberi kesempatan untuk memperkaya kualitas iman dan taqwa dengan ragam amal ibadah dan kebajikan.

“Salah satu kekhususan ibadah di bulan Ramadhan yang tidak ditemui pada bulan lain adalah shalat tarawih. Sehingga, tentu saja penyelenggaraan shalat tarawih kali ini di Unsoed, sungguh merupakan sebuah kehormatan, kebanggaan dan pastinya keberkahan tersendiri bagi kami dan seluruh keluarga besar Unsoed”, ungkap Rektor.

Rektor menambahkan bahwa momentum ini tidak saja sebagai sebuah kegiatan ibadah, melainkan juga kesempatan untuk bersilaturahmi, yang insya Allah akan semakin menguatkan tali persaudaran sebagai sesama muslim, sesama warganegara dan sesama umat manusia. Dalam kesempatan tersebut, Rektor mengajak kepada semua yang hadir, untuk juga mendoakan agar wilayah kita Kabupaten Banyumas khususnya dan negeri kita Indonesia pada umumnya, agar selalu diberikan perlindungan, berkah dan kesejahteraan, sehingga menjadi negeri yang baldatun thayyibatun wa rabbun ghafur.

Bupati Banyumas Ir Achmad Husein menyampaikan terima kasih kepada Unsoed atas kesediaannya menjadi tempat Sholat Isya dan Tarawih berjamaah. Keberadaan Unsoed di Purwokerto ini adalah sebuah berkah bagi Banyumas.

“Kita harus mengakui Unsoed di Purwokerto sangat signifikan pengaruhnya terhadap kenaikan pertumbuhan ekonomi di Banyumas”, ungkap Bupati.

Pada kesempatan tersebut Bupati juga berharap yaitu adanya riset / kerjasama dengan Pemkab Banyumas karena masyarakat Banyumas sangat berharap besar terhadap keberadaan Unsoed, salah satunya yaitu terkait penyelesaian permasalahan sampah.

“Kerjasama yang lebih erat & intens dengan Pemda Kab Banyumas, sehingga Unsoed bisa memberikan ilmunya, risetnya”, imbuhnya.

Ustad Heru Widodo, Lc dalam tausiahnya mengulas materi dengan judul “Ramadhan Bulan Barokah”. Mengawali tausiahnya Ust. Heru mengutip dari seorang ilmuwan dari Mesir yang hafal 30 Juz, dan merupakan doktor spesialis bedah, yang menulis dalam bukunya yang terkenal yang mengatakan bahwa Ramadhan salah satu keberkahannya bisa membangun umat. Dijelaskan bahwa Puasa tidak hanya menahan makan, tidak hanya menahan minum disiang hari, ternyata Puasa juga mendidik kita untuk menghormati orang lain.

“Puasa yang paling penting adalah menjadi orang yang sholeh untuk dirinya dan sholeh untuk masyarakat”, jelasnya.

Berita