oleh

Bupati : Jadikan Idul Adha Sebagai Ajang Peningkatan Imtaq Dan Rasa Sosial Kepada Sesama

BLORA, INFODESANEWS – Peringatan Hari Raya Idul Adha 10 Dzulhijah 1440 Hijriyah berlangsung khidmat di Kabupaten Blora. Ribuan masyarakat muslim sejak pagi berbondong-bondong mendatangi masjid dan lapangan setempat untuk melaksanakan shola tied.

Tak terkecuali Bupati Djoko Nugroho bersama keluarga. Dengan didampingi istri, Dra. Hj. Umi Kulsum, Bupati Djoko Nugroho berjalan kaki dari Pendopo Rumah Dinas nya menuju Masjid Agung Baitunnur Blora.

Sebelum pelaksanaan shola tied, Bupati berkesempatan menyampaikan beberapa kata sambutan untuk seluruh jamaah yang memenuhi Masjid Agung Baitunnur hingga Alun-alun Kota Blora. Dimana dalam sambutannya menyampaikan bahwa ada dua esensi pokok yang harus dipahami umat muslim ketika merayakan Idul Adha yakni peningkatan iman dan taqwa, serta rasa sosial untuk sesama.

“Selamat Hari Raya Idul Adha 1440 Hijriyah untuk seluruh umat muslim dimanapun berada. Alhamdulillah kita diparingi sehat sehingga pagi ini bisa bersama-sama menunaikan shola ied. Esensi Idul Adha adalah peningkatan keimanan dan ketaqwaan kita kepada Allah SWT, dan yang kedua untuk meningkatkan rasa sosial kepada sesama dengan berkurban,” tegas Bupati.

Dalam kesempatan itu, Bupati juga mengajak seluruh jamaah untuk bersama-sama berdoa agar semua jamaah haji Kabupaten Blora yang sedang melaksanakan ibadah di Tanah Suci bisa berjalan lancar dan pulang dengan predikat mabrur.

“Bagi yang sakit semoga bisa segera sembuh, sedangkan yang meninggal semoga husnul khotimah, aamiin,” lanjut Bupati.

Bertepatan dengan selesainya tahapan Pilkades Serentak 4 Agustus lalu, Bupati juga menyampaikan terimakasih kepada jajaran TNI, Polri, dan seluruh masyarakat Kabupaten Blora yang telah mendukung pelaksanaan Pilkades Serentak di 242 desa dengan aman dan lancar.

“Pak Kapolres, Pak Dandim dan semuanya, terimakasih Pilkades Serentak kemarin berjalan lancar dan aman. Selanjutnya September nanti tahapan Pilkada mulai dilakukan, ayo kita persiapkan bersama agar bisa berlangsung aman dan lancar juga,” tambah Bupati.

Usai sambutan, dilanjutkan sholat ied yang dipimpin Imam KH Afiffudin, dan khotbah oleh Khatib H Muhammad Fatah, S.Ag, M.Ed dari Kementerian Agama Kabupaten Blora.

Rangkaian acara ditutup dengan upacara penyerahan hewan kurban oleh Bupati kepada takmir Masjid Agung Baitunnur Blora berupa satu ekor sapi berukuran jumbo dari Desa Trembulrejo, Kecamatan Ngawen.

Di Masjid Agung Baitunnur Blora sendiri, menurut Takmir Masjid, Drs. Khoirurroziqin, ada 6 ekor sapid an 4 ekor kambing yang akan disembelih.

“Selain dari Bapak Bupati, ada dari Kapolres, beberapa Perusahaan dan gabungan sumbangan masyarakat. Alhamdulillah semuanya lancar dan langsung dibawa ke rumah potong hewan Jetis,” ucapnya singkat.

Sementara itu, terpisah, Wakil Bupati H. Arief Rohman M.Si pada waktu yang sama mengikuti shola ied di Masjid Al Muttaqin, Kampung Semangat, Kelurahan Cepu, Kecamatan Cepu. Usai sholat ied dilanjutkan sarapan nasi kuning bersama masyarakat dan penyerahan hewan kurban berupa satu ekor sapi. (Tim Liputan Humas Protokol Setda Blora)

Berita