Anak Anak Didik Binaan Komunitas Baca Motor Pustaka Ikuti Pembinaan

0
190 views

LAMPUNG SELATAN, INFODESANEWS – – Guna menunjang Program Gerakan Literasi Nasional (GLN) Kantor Bahasa Lampung mengelar kegiatan Pembinaan Komunitas Baca yang di pusatkan di Desa Pasuruan, Kecamatan Penengahan Kabupaten Lampung Selatan. Minggu (7/4/2019)

Pembinaan Komunitas Baca yang menghadirkan Kepala Kantor Bahasa Lampung Dra. Yanti M, Hum sekaligus nara sumber yang dilaksanakan sejak kemarin Sabtu 6 April 2019 di Desa Pasuruan Kecamatan Penengahan Lampung Selatan. itu merupakan rangkaian dari kegiatan Pembinaan Komunitas Baca yang dilaksanakan di beberapa kota dan Kabupaten Se Provinsi Lampung.

Menurut Dra. Yanti Riswara M.Hum. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan minat baca dan kemampuan menulis anggota komunitas baca. “disini peserta dirangsang untuk dapat menulis kreatif berdasarkan pengetahuan, pengamatan, dan pengalaman mereka.”ujar Yanti.

Selain untuk melatih peserta dapat membaca intensif maupun ekstensif, juga berani untuk menuangkan kembali informasi hasil pengalaman dan bacaan dalam bentuk lisan maupun tulisan yang didapat. “imbuhnya.

Diketahui Pembinaan Komunitas Baca yang di ikut oleh para siswa siswi tingkat Sekolah Dasar (SD) yang merupakan anak-anak didik binaan Komunitas Baca Motor Pustaka Roda Andalas yang di pelopori oleh Sugeng Hariyono sekaligus pegiat dan pelopor Perpustakaan Keliling di wilayah Lampung Selatan. bahkan sempat menerima penghargaan dari Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo pada tahun 2017 yang lalu.

Dalam kesempatan tersebut Sugeng mengucapkan sangat berterima kasih kepada pihak Kantor Bahasa Lampung yang telah berkenan melaksanakan kegiatan Pembinaan Komunitas Baca di desanya.

“Karena dengan adanya kegiatan semacam ini dapat memberi tambahan semangat bagi para pegiat literasi seperti saya, untuk terus bergerak dalam rangka menanamkan kesadaran masyarakat akan pentingnya membaca.”kata Sugeng pada Infodesanews.com. Minggu (7/4/2019)

Sementara itu Ketua panitia pelaksana kegiatan, Ratih Rahayu, M.Pd. berharap setelah mengikuti kegiatan ini anak-anak mampu mengaplikasikan apa yang telah didapat dalam kegiatan sehari-hari serta mau membagikan dan menularkan ilmu yang telah diperolehnya kepada teman-temannya.”pungkas Ratih. (Sg)