oleh

72 Siswa SD NU Master Sokaraja Ikuti Haflah Khotmil Quran

PURWOKERTO, INFODESANEWS – Mewujudkan sekolah Islami yang unggul dan qurani, Sekolah Dasar Nahdlatul Ulama Master Sokaraja menggelar Haflah Khotmil Quran Juz 29 dan 30 pada Sabtu (20/7). Acara yang telah digelar untuk kali kedua ini, diikuti sejumlah 32 peserta untuk Juz 29 dan 40 peserta untuk Juz 30 dari siswa kelas dua dan tiga.

Prosesi haflah diiringi dengan tradisi sungkeman siswa untuk memohon maaf dan doa agar diberi kelancaran dalam menempuh hafalan quran selanjutnya. Tak hanya itu, setiap siswa juga mencuci kaki kedua orang tuanya sebagai tanda bakti dan penghormatannya.

Kepala SD NU Master Sokaraja, Dani Sistriani menyampaikan seluruh peserta akan menerima syahadah sebagai tanda bukti bahwa siswa telah mampu menghafal quran. Selain itu, rangkaian khotmil quran juga diselingi dengan penampilan kreasi seni siswa yang lain.

“Panggung khotmil quran dimeriahkan dengan persembahan paduan suara, tari kreasi, tari ratoeh jaro dan atraksi silat pagar nusa. Sebagai ajang aktualisasi diri siswa yang telah berlatih pada kegiatan ekstrakurikuler selama ini,” terangnya.

Dani menambahkan, sekolah telah mengembangkan program unggulan tahfidzul quran dengan visi mencetak generasi Islami, berkarakter dan berjiwa entrepreneur. Karakter kewirausahaan diasah melalui hasil karya seni dan hasta karya siswa. Hasil karya siswa dipamerkan pada ruang pojok galeri untuk dapat dilelang.

“Dana yang terkumpul dari hasil lelang hasta karya siswa senilai 4.220.000 dan akan diinfakkan pada bulan Muharram 1441 H dalam program santunan anak yatim dan kaum dhuafa,” pungkas wanita yang juga Pengurus Cabang Lembaga Pendidikan Maarif NU Kabupaten Banyumas itu.

Berita